Pantai Oetune – Rekreasi Pantai Plus Gurun Pasir Di Nusa Tenggara Timur


Pantai Oetune – Selain salju, eksistensi gurun pasir di Indonesia dianggap sebagai hal yang tidak mungkin. Meski tidak menutup kemungkinan adanya fenomena hujan es serta adanya salju awet seperti di Puncak Wijaya.





Lalu, bagaimana dengan gurun pasir? Ternyata di Indonesia ada daerah mirip itu loh! Mau tahu dimana letaknya? Baca postingan berikut ini ya!





Di Nusa Tenggara Timur, terdapat lokasi rekreasi berbentukpantai yang pasirnya mirip mirip gurun. Pantai ini yaitu Pantai Oetune yang berada di Desa Oebelo, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.





pantai oetune gurun pasir




Jaraknya sekitar 115 dari Kota Kupang, sehingga membutuhkan waktu perjalanan sampai 3 jam untuk mendatangi dari kota besar terdekat. Di perjalanan kita juga bisa singgah ke pantai lain, misalnya Pantai Kolbana yang juga memiliki panorama sungguh cantik.





Keindahannya acap kali disandingkan dengan pantai-pantai di luar negeri. Hamparan pasirnya begitu unik dan berlainan dibanding kebanyakan pantai di Nusantara.





Tekstur pasir pantai disini sangat lembut berpadu dengan gelombang atau ombak yang unik pula. Gulungan ombak disini saling susul selang 4 meni sekali.





Di bagian tepi ditumbuhi pohon kasuari yang berjarak 6 hingga 8 meter dari bibir pantai. Umur pohon tersebut sudah meraih puluhan tahun loh!





Oke kembali lagi ke keunikan utama pantai ini, ialah pasirnya yang bergulung-gulung mirip pasir di gurun. Luasnya sekitar 100 meter persegi dan seakan menjadi miniatur gurun pasir di Timur Tengah.





Kita mampu masuk ke kawasan obyek rekreasi ini 24 jam sarat dengan tarif masuk Rp 3.000 dan biaya parkir Rp 1.000 saja. Kegiatan yang sering dilaksanakan di bukit pasir setinggi 5-7 meter yakni Sand Boarding menggunakan papan seluncur.





sandboarding




Saat berlibur kesini sungguh mungkin kita akan bertemu dengan masyarakat sekitar yang memperlihatkan buah lontar dengan sungguh ramah. Mereka memasarkan buah ini seharga Rp 3.000 sampai Rp 5.000, kapan lagi dapat buah lontar eksklusif dari pohon? Kita bisa coba membelinya ya! Tentunya kesegaran buah ini sangat cocok dirasakan sambil menikmati panorama Pantai Oetune.





Pengembangan pariwisata pantai ini kini telah menerima perhatian Pemerintah Nusa Tenggara Timur. Hal itu dibuktikan dengan pembangunan kemudahan seperti toilet, kamar bilas, dan kios yang menawarkan aneka keperluan, serta mengenalkan Pantai Oetune selaku salah satu rekreasi unggulan. Tidak lain tidak bukan perlakukan ini untuk menigkatkan kunjungan pelancong ajaib maupun setempat.





Pemerintah daerah lokal memperlihatkan alokasi dana untuk berbagai upaya pengembangan berkaitan ketentraman saat kita berlibur. Salah satunya adalah pembangunan jalan menuju pantai sebagai susukan utama angkutanpara wisatawan. Selain itu, terdapat pula bangunan rumah khas Timor, adalah Lopo-lopo untuk singgah para hadirin.





Oke, buat kau yang ingin dua wisata sekaligus ialah pantai dan sensasi di gurun, silakan kunjungi Pantai Oetune segera! Selamat berlibur!


0 Response to "Pantai Oetune – Rekreasi Pantai Plus Gurun Pasir Di Nusa Tenggara Timur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel