Resep Cumi Gulai Kuning, Makanan Khas Nusantara

Gulai Cumi Empuk Lezat Isi Telur Resep ResepKoki
Gulai Cumi Empuk Lezat Isi Telur Resep ResepKoki from resepkoki.id

Masyarakat Nusantara terkenal dengan banyaknya makanan khas lokal yang memiliki rasa yang khas. Salah satunya adalah masakan cumi gulai kuning. Seperti namanya, masakan ini terdiri dari cumi yang dimasak dengan bumbu gulai yang berwarna kuning. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan pedas. Rasa pedasnya berasal dari bumbu rempah yang digunakan. Tidak heran jika masakan ini banyak disukai oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

Untuk membuat masakan cumi gulai kuning, ada beberapa bahan-bahan yang harus dipersiapkan. Pertama, anda harus menyiapkan cumi sebanyak 400 gram. Jangan lupa untuk mencuci cumi tersebut dengan air bersih sebelum digunakan. Kedua, anda harus menyiapkan daun salam, daun jeruk, dan sereh yang akan digunakan untuk memberikan aroma pada masakan. Ketiga, persiapkan bumbu rempah yang terdiri dari ketumbar, jinten, lada, dan kunyit. Terakhir, siapkan bawang merah, bawang putih, dan cabai yang akan digunakan untuk menambahkan rasa pedas pada masakan.

Langkah-Langkah Membuat Cumi Gulai Kuning

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda ikuti untuk membuat masakan cumi gulai kuning. Pertama, anda harus menggoreng cumi hingga matang. Setelah itu, anda harus menumis bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga harum. Kemudian, masukkan bumbu rempah ke dalam tumisan bumbu tersebut. Aduk hingga bumbu tersebut meresap. Selanjutnya, anda harus menambahkan daun salam, daun jeruk, dan sereh ke dalam tumisan. Aduk hingga semua bumbu tercampur dengan rata. Terakhir, masukkan cumi yang sudah digoreng tadi ke dalam tumisan bumbu. Aduk hingga semua bumbu meresap dengan rata. Masak hingga bumbu tercampur dengan rata.

Penyajian dan Variasi Masakan Cumi Gulai Kuning

Sebelum disajikan, masakan cumi gulai kuning ini harus didinginkan terlebih dahulu. Anda bisa menambahkan irisan bawang merah di atasnya untuk memberikan sentuhan akhir. Makanan ini biasanya disajikan bersama nasi putih. Namun, anda juga bisa menyajikannya dengan nasi ketan atau nasi liwet. Selain itu, anda juga bisa menambahkan sayuran seperti kacang panjang, brokoli, atau jagung untuk menambah variasi masakan ini. Anda juga bisa menambahkan daun kemangi untuk memberikan aroma yang lebih kuat.

Manfaat Cumi Gulai Kuning

Selain memiliki rasa yang enak, masakan cumi gulai kuning ini juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Cumi sendiri merupakan sumber protein yang baik. Selain itu, cumi juga mengandung zat besi, zat tembaga, vitamin B-12, dan beberapa mineral lainnya. Bumbu rempah yang digunakan juga merupakan sumber antioksidan dan beberapa vitamin lainnya. Hal ini membuat masakan ini menjadi makanan yang kaya akan nutrisi. Jadi, masakan ini tidak hanya enak, tapi juga bisa membantu anda untuk menjaga kesehatan.

Kesimpulan

Masakan cumi gulai kuning merupakan salah satu makanan khas Nusantara yang memiliki rasa yang khas. Untuk membuat masakan ini, anda harus menyiapkan cumi, bumbu rempah, dan bawang merah, bawang putih, dan cabai. Langkah-langkah membuat masakan ini cukup mudah. Anda hanya perlu menumis bumbu, lalu masukkan cumi yang sudah digoreng. Masakan ini tidak hanya enak, tapi juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Jadi, jangan lupa untuk mencoba masakan ini di rumah anda.

0 Response to "Resep Cumi Gulai Kuning, Makanan Khas Nusantara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel