Resep Kue Tepung Beras Gula Merah Praktis Dan Lezat!

Resep Kue Mangkok Tepung Beras Gula Merah Resep Masakan indonesia
Resep Kue Mangkok Tepung Beras Gula Merah Resep Masakan indonesia from resepmulia.blogspot.com

Gula merah adalah bahan makanan yang sangat populer di Indonesia. Ini merupakan produk yang banyak digunakan untuk membuat aneka kue, termasuk kue yang identik dengan tradisi khas Indonesia, yaitu kue tepung beras gula merah. Namun, membuat kue tepung beras gula merah membutuhkan dosis kesabaran dan keahlian tertentu. Berikut adalah resep kue tepung beras gula merah yang praktis dan lezat!

Bahan-Bahan Resep Kue Tepung Beras Gula Merah

Untuk membuat kue tepung beras gula merah, Anda akan membutuhkan beberapa bahan-bahan berikut:

  • 200 gram tepung beras
  • 3 sendok makan gula merah
  • 200 ml santan kental
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 butir telur
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 2 sendok teh pasta pandan
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok makan tepung sagu

Untuk membuat toppingnya, Anda juga membutuhkan bahan-bahan berikut:

  • 2 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan air panas
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 2 sendok makan santan kental

Cara Membuat Kue Tepung Beras Gula Merah

Cara membuat kue tepung beras gula merah adalah sebagai berikut:

  1. Cairkan gula merah dalam panci dengan 200 ml santan kental dan 1/2 sendok teh garam. Aduk hingga gula merah larut dan santan menjadi kental. Setelah itu, angkat dan biarkan dingin.
  2. Masukkan 200 gram tepung beras, 2 sendok makan minyak goreng, 2 sendok teh pasta pandan, 2 sendok makan tepung terigu, dan 1 sendok makan tepung sagu ke dalam mangkuk. Aduk rata hingga semua bahan tercampur.
  3. Masukkan 1 butir telur dan santan yang sudah dicairkan tadi ke dalam mangkuk. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak goreng. Olesi bagian atas adonan dengan minyak goreng atau santan.
  5. Panggang adonan kue tepung beras gula merah dengan api sedang hingga matang. Setelah matang, angkat dan biarkan dingin.
  6. Untuk membuat topping, campur 2 sendok makan gula pasir, 2 sendok makan air panas, 1 sendok makan tepung maizena, dan 2 sendok makan santan kental dalam panci. Aduk hingga santan kental dan gula pasir larut.
  7. Tuang adonan topping ke atas kue tepung beras gula merah yang sudah dingin tadi. Sajikan ketika toppingnya sudah dingin.

Kunci Kesuksesan Membuat Kue Tepung Beras Gula Merah

Untuk membuat kue tepung beras gula merah yang lezat dan menggugah selera, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan untuk menggunakan gula merah yang benar-benar baru. Gula merah yang sudah lama disimpan dapat membuat rasa kue menjadi hambar. Kedua, pastikan untuk menggunakan santan yang benar-benar kental. Santan yang kurang kental akan membuat kue terlalu basah. Dan yang ketiga, pastikan untuk tidak memanggang kue terlalu lama. Kue yang dipanggang terlalu lama dapat menjadi keras dan kurang lezat.

Penutup

Kue tepung beras gula merah adalah salah satu makanan tradisional yang identik dengan Indonesia. Membuat kue ini cukup mudah, asalkan Anda menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan mengikuti resep dengan benar. Selamat mencoba!

0 Response to "Resep Kue Tepung Beras Gula Merah Praktis Dan Lezat!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel