Cara Menciptakan Pakan Ayam Bangkok


Bahan Pakan Ternak


Bahan pakan ternak adalah segala bahan yang dapat dimakan, yang berfaedah dan tidak berbahaya terhadap kesehatan ternak unggas. Bila beberapa materi pakan dicampur untuk memenuhi keperluan ternak maka akan menciptakan pakan tepat/komplit. Sebenarnya bahan pakan ternak secara sederhana mampu digolongkan menjadi:





  1. Bahan pakan asal tumbuhan, mirip tepung daun lamtoro, daun kelor, daun gamal dsb.

  2. Bahan pakan asal hewan, mirip tepung ikan, tepung teri dsb

  3. Bahan suplemen lain mirip tepung kerang, tepung tulang, premik (produk adonan vitamin, mineral, asam amino dll)


Bagian terpenting yang menjadi pertimbangan suatu bahan bisa dijadikan bahan pakan yaitu:


Pakan-Ayam-Bangkok





  • Komposisi Kimianya


Perlu dikenali bahwa komposisi zat makanan dalam suatu materi pakan mungkin bermacam-macam, bila bahan tersebut asal tumbuhan contohnya tergantung umur panen, varitas tumbuhan, pemupukan dsb. Disamping itu ada beberapa bahan pakan yang rentan untuk dipalsukan, contohnya bekatul dipalsukan dengan gilingan sekam, tepung ikan dipalsukan dengan hasil pembakaran tepung bulu dll.


Artikel Terkait : Cara Merawat Ayam Bangkok (Aduan)




Tabulasi beberapa materi pakan yang mungkin dipakai dinataranya mirip dalam tabel 1 atau bisa diperoleh dari tabel NRC, atau bahkan banyak sekali buku mudah.


Komposisi Bahan Pakan Untuk Unggas


Komposisi-Bahan-Pakan-Untuk-Unggas




Suatu bahan pakan dibilang berkualitas bila zat-zat kuliner yang terkandung sesuai atau bahkan lebih tinggi dari tolok ukur, contohnya tabel di atas. Ada baiknya senantiasa menganalisakan bahan pakan yang mau dipakai sehingga hasil formulasi mampu riil dan lebih tepat.




Hal ini bisa dilakukan dengan mengunjungi dinas peternakan (beberapa daerah di Jawa Timur telah mempunyai kemudahan laboratoriumnya) atau Fakultas Peternakan terdekat. Tentu dibutuhkan biaya, tetapi tidak semahal kalau mesti dianalisiskan ke forum swasta.




Hal lain yang perlu diperhatikan ialah kadar air bahan pakan. Kadar air bahan pakan yang terlalu tinggi akan merugikan peternak dalam 2 faktor, adalah: 1. Cepat rusak atau tidak mampu disimpan untuk waktu yang lama dan 2. Menurunkan kandungan nutrisi. Untuk alasan cepat rusak gampang diketahui alasannya materi pakan akan cepat ditumbuhi jamur. Alasan yang kedua tentang zat kuliner gampangnya dijelaskan dalam diagram berikut:


Bahan-Pakan




Diagram tersebut mengilustrasikan bahwa jikalau kadar air dalam bahan pakan tinggi berarti kadar materi keringnya menurun. Padahal zat-zat makanan yang penting untuk kemajuan, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral  terdapat dalam bahan kering.




Oleh karena itu, peternak perlu memiliki tabel tolok ukur sebagaimana perusahaan besar untuk menertibkan mutu bahan pakan yang akan digunakan. Harga materi pakan mungkin lebih hemat biaya, tetapi jikalau kadar airnya diatas 14% akan mudah ditumbuhi jamur meski disimpan dengan baik.




Artikel Terkait : Cara Ternak Ayam Joper





  • Batasan penggunaan bahan pakan


Kenapa penggunaan bahan pakan perlu dibatasi? Alasannya adalah jika dipakai terlalu banyak akan kuat negatif kepada ternak. Pengaruh negatif tersebut bisa disebabkan oleh  karena mengandung zat anti-nutrisi. Misalnya kedelai mentah kaya akan anti-tripsin sehingga menghalangi pencernaan protein.




Oleh sebab itu, perlu perlakuan sebelum diberikan pada ternak contohnya dengan penyangraian selama 20-30 menit. Tetapi, penyangraian tidak hanya membutuhkan proses dan tenaga kerja aksesori dan tentu saja ongkos aksesori untuk pegawai dan penyangraian. Untuk praktisnya, digunakanlah bungkil kedelai yakni kedelai hasil samping pengerjaan minyak kedelai.




Batasan penggunaan bahan pakan juga dibutuhkan mengingat pakan ternak unggas lazimnya cuma mengizinkan kadar serat garang 5-7% saja. Serat bernafsu memang dibutuhkan oleh ternak unggas, tetapi alasannya adalah kemampuannya mencerna serat yang terbatas terutama untuk ternak muda maka penggunaan materi pakan kaya akan serat garang mesti dikontrol.




Tabel 2 dibawah bisa dijadikan teladan, lazimnya peternak juga mendasarkan pada pengalaman yang mungkin berlawanan dengan teori alasannya adalah didasarkan pada tingkat keuntungan tertinggi.


Maksimum Penggunaan Bahan Pakan Untuk Unggas


Maksimum Penggunaan Bahan Pakan Untuk Unggas




Pakan Terbaik Untuk Ayam Bangkok Dalam Ternak Ayam Bangkok


Setelah sehari melaksanakan rawatan fisik dan mental pada ayam tersebut, acuan Pakanan dan perhiasan yang diberikan kepada ayam juga harus sangat penting untuk Ayam Bangkok. Pola Pakan dan pemanis Ayam Bangkok harus anda jaga sebaik-baiknya dengan terorganisir dan disiplin, sehingga dikala mendapatkan latihan senam dan jajal, ayam tidak akan mengalami kekurangan gizi ( sakit kuning ).




Artikel Terkait : 13 Teknik Budidaya Unggas Petelur Ayam Beserta Perencanaannya




Pakan Utama


Untuk perlindungan Pakanan utama, mampu dibedakan untuk jenis Ayam Bangkok yang hendak anda latih tersebut. Bila Ayam Bangkok yang dilatih yaitu tipe pukul, maka Pakanan yang yang diberikan kepada ayam tersebut harus lebih banyak mengandung bagian karbohidrat dan protein untuk memperkuat otot- otot ayam tersebut. Kandungan lemak juga penting untuk ayam tipe pukul untuk cadangan tenaganya.




Pakanan utama yang umum kami berikan pada Ternak Ayam Bangkok adalah jagung yang sudah direndam semalaman ataupun campuran antara jagung gabah dengan perbandingan 1:1. Pemberian Pakanan utama harus diberikan pada pagi hari setelah menerima latihan senam dan di sore hari setelah mendapatkan latihan lari. Bila di sore hari ayam menerima latihan jajal, maka Pakan sore tidak perlu dikerjakan lagi.




Untuk tipa ayam jalu, maka Pakanan utama mesti banyak mengandung karbohidrat, akan tetapi tidak perlu mengandung terlalu banyak protein dan lemak. Ayam jalu membutuhkan kelincahan pukulan sehingga kandungan karbohidrat yang paling penting untuk tenaga, sedang kandungan lemak dan protein hanya akan menciptakan ayam mengalami peningkatan berat badan dan pembentukan otot yang tidak terlalu dibutuhkan. Pakanan yang biasa diberikan adalah gabah rendaman murni ataupun gabungan gabah jagung dengan perbandingan 3:1. Pemberian Pakan utama sama dilakukan seperti diatas.




Dalam pertolongan Pakanan utama, takarannya tidak perlu terlalu banyak sampai tembolok ayam sungguh besar, akan tetapi diberikan sesuai dengan ukuran berat badannya, yang mampu diberikan dengan perbandingan berat badan dengan Pakanan yakni 15-20:1 sesuai dengan kebutuhannya. Dengan kata lain jikalau berat badang ayam ialah 4kg, maka sekali Pakan mampu diberikan sebanyak 200-250 gram sesuai dengan tingakt nafsu Pakan ayam tersebut, dan jangan lupa untuk memberikannya minum sehabis Pakanan terutama habis.




Pakanan atau Vitamin Suplemen


Pakanan atau Vitamin suplemen lazimnya diberikan di malam hari sempurna sebelum ayam tertidur, hal ini ditunjukan semoga seluruh kandungan gizi yang diberikan mampu terserap dengan baik pada ayam. Pakanan dan bitamin tambahan yang diberikan berkala setiap harinya adalah selaku berikut ini;




Artikel Terkait : Kandang Ayam Petelur




Vitamin lengkap A, B Kompleks, C, D, E, K yang diberikan masing-masing 1 butir. Vitamin yang diberikan tidak perlu vitamin yang mahal, umumnya kami cuma menawarkan vitamin keluaran IPI. Setengah jempol gula merah yang dilunakkan dengan air ( untuk suplemen karbohidrat ). Seperempat atau setengah buah tomat ( untuk menyegarkan dan menolong pencernaan ayam ). Satu butir telur puyuh yang telah direbus ( untuk perhiasan protein ayam tersebut ), untuk tipe ayam jalu sumbangan telur puyuh rebus mampu di perjarang menjadi 2-3 hari sekali.




Suplemen yang diberikan 4-5 hari sekali, sebaiknya diberikan pada malam sesudah menemukan latihan jajal. Satu butir pil minyak ikan, untuk mempercepat pertumbuhan dan memperkuat bulu ayam tersebut. Seperempat jempol kunyit, untuk menolong pencernaan dan menyehatkan perut ayam tersebut.




Bila kita ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, seminggu sekali ayam bisa diberikan komplemen Brands sari pati ayam sebanyak 1 buah sendok teh. Akan tetapi tunjangan ini tidak terlalu diharapkan cuma ditunjukkan untuk mengoptimalkan dukungan Pakanan. Atau berikan jamu Ayam Bangkok yang sudah terbukti kualitasnya yaitu jamu pandwa.




Perlu dikenang bahwa, selama abad pembinaan sebelum turun ke arena pertandingan, latihan senam dan jajal yang kita kerjakan pada ayam akan sangat-sangat menguras tenaga ayam sehingga contoh Pakan dan pemanis yang bagus dan teratur sangatlah diperlukan untuk mempertahankan keseimbangan kesehatannya.




Banyak cara ataupun tata cara lain atau aksesori lain yang diberikan oleh penggemar tabrak ayam terhadap ayam nya sendiri, akan tetapi teladan Pakan dan embel-embel di atas sudahlah sangat cukup bagi ayam yang kita bimbing untuk turun ke arena pertarungan. Dan selain itu aspek ongkos perawatan juga mesti menjadi perhatian kita. Memang benar, kalau dilihat dari pola latihan senam, jajal, serta contoh Pakan dan embel-embel akan sungguh banyak menyedot tenaga dan biayanya, akan namun hal ini akan menjadi setimpal dengan hasil dan kesenangan yang mau diperoleh kalau nantinyaayam yang kita turunkan ke arena pertarungan mendapatkan kemenangan.




Artikel Terkait : Cara Ternak Puyuh




Cara Membuat Pakan Ayam Bangkok (Aduan)


Pakan ayam terbaik untuk ADU AYAM dan ternak adna harus diberikan dengan terorganisir. Karena dengan bantuan pakan yang elok dan terorganisir maka perkembangan dari ternak anda juga akan menjadi baik. Pakan dengan kandungan nutrisi yang baik.




Pakan dengan kandungan nutrisi yang bagus akan membuat ayam ternak anda menjadi gemuk dan juga sehat. Terutama bagi anda usahawan ternak ayam potong yang memerlukan bobot ayam yang berat, maka perlu memberikan masakan yang banyak sehingga ayam anda menjadi gemik. Jika ayam ternak anda menjadi gemuk. maka nilai jual dari ayam tersebut juga akan naik.




Untuk menerima yang terbaik, anda juga perlu memberikan yang terbaik untuk ternak anda. Ternyata ada banyak sekali jenis pakan ayam yang berfaedah bagi kemajuan ayam ternak adna selain dari dedak dan pelet. Pakan ini dapat anda beli di toko dan juga mampu dibentuk sendiri dengan materi sederhana sehingga mampu menghemat ongkos produksi.




Menekan ongkos sehingga menerima laba yang lebih ialah sebuah strategi jualan yang sangat berguna. Berikut ini kami akan membicarakan apa saja pakan yang mampu diberikan kepada ternak anda dan sangat berfaedah.




1. Dedak Padi


Dedak padi ini umumdisebut dengan istilah bekatul. Bekatul tersebut mampu diperoleh dengan mudah kalau anda tinggal erat dengna tempat pengolahan padi. Ternyata bekatul ini mempunyai nilai asam amino yang cukup tinggi dan berfaedah untuk membesarkan otot ternak. Pemberian bekatul sebaiknya dibatasi juga untuk anakan ayam karena bekatul ini mengandung serat bergairah yang cukup sulit untuk dicerna oleh anakan ayam.




2. Pollard.


Pollard atau dedak gandum, dapat diperoleh bila kawasan tinggal anda dekat dengan pembuatan gandum. Protein yang terkandung didalam pollard ini ialah sekitar 15%. Pemberian pollard juga semestinya dibatasi karena mengandung serat bergairah yang dapat menciptakan ayam menjadi mencret.




Artikel Terkait : Cara Ternak Bebek




3. Jagug.


Jagung merupakan pakan yang cukup disukai oleh para peternak karena jagung mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi. Jagung memiliki beberapa macam diantaranya yaitu jagung kuning, jagung merah dan jagung putih. Pakan jenis ini mengandung aneka macam proVitamin A dan sedikit serat bernafsu.




4. Tepung Tulang.


Pakan jenis ini berasal dari tulang yang direbus lalu dikeringkan dan ditumbuk hingga halus. Tepung tulang mengandung aneka macam phosphor dan kalsium yang baik untuk pembentukan tulang dan sendi.




5. Singkong.


Kandungan yang terdapat pada singkong nyaris sama dengan kandungan yang terdapat pada jagung. Singkong mempunyai kandungan protein rendah hanya sekitar 2-3%. Penggunaan singkong sebagai ransum semestinya kurang dari 20% dari total ransum yang diberikan.




6. Sorgun.


Pakan jenis ini biasanya berada dibeberapa kawasan tertentu saja dan panggilannya juga berbeda-beda, ada yang menyebutnya dengan nama cantel, cantrik dan batar tojeng. Kandung protein yang terdapat pada sorgum nilainya lebih tinggi dibandingkan dengan protein yang terdapat pada jagung.




7. Tepung Ikan.


Berasal dari ikan yang sudah dikeringkan dan kemudian digiling menjadi halus. Kandungan yang terdapat pada pakan jenis ini bergantung dari jenis ikan yang digunakan.




8. Tepung Bulu Unggas.


Bahan ini memang cukup jarang ditemui dipasaran alasannya tingkat kesulitan dalam pengolahannya. Pakan ini dibentuk dengan cara merebus bulu ayam dengan suhu yang sangat tinggi kemudian dikeringkan lalu digiling hingga menjadi sangat halus. Kandungan yang terdapat pada pakan jenis ini sangatlah tinggi seitar 85%.




Artikel Terkait : Makanan Burung Merpati




9. Tepung Keong Mas/siput.


Protein yang terdapat pada siput yaitu sekitar 52%. Untuk menciptakan pakan jenis ini pembuatannya sangat mudah, berikan keong tersebut garam sampai mengeluarkan kotorannya lalu pisahkan cangkang dan isi dari keong tersebut dan jemurlah sampai kering. Setelah kering barulah anda menggilingnya hingga menjadi halus.




10. Pelet.


Pakan jenis merupakan favorite dari peternak dan juga ternaknya sendiri sebab penggunaan pelet mampu memajukan nafsu makan dari ayam ternak. Pelet ialah jenis pakan yang paling mudah ditemukan dan paling irit biaya dibandingkan dengan tepung.




Sekian penjelasan artikel diatas perihal Cara Membuat Pakan Ayam Bangkok : Menghemat, Racikan, Daun Daunan supaya mampu berguna bagi pembaca setia Lahan.Co.Id


0 Response to "Cara Menciptakan Pakan Ayam Bangkok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel