Cara Gampang Menanam Dan Merawat Bunga Katsuba Di Rumah Bagi Pemula Supaya Berhasil Dan Berkembang Subur

Cara Menanam dan Merawat Bunga Katsuba Di Rumah Bagi Pemula – Bunga Kastuba atau Poinsettia (Euphorbia pulcherrima) ialah tanaman bunga subtropis  yang berasal dari Meksiko bagian Selatan dan Amerika Tengah.Tanaman bunga katsuba ini merupakan tanaman perdu, batang berkayu dan bergetah putih yang mempunyai ketinggian sekitar 60 cm hingga 6 meter. Daun katsuba berupa oval dengan panjang sekitar 7-16 cm. Warna daun bunga katsuba berwarna merah saat masih muda dan akan berwarna hijau kalau kian renta. Bunga katsuba mempunyai akar tunggang dengan warna kuning.


Bunga katsuba atau cyathia terletak bergerombol di ujung batang tersusun dalam rangkaian dan tidak mempunyai daun mahkota, tetapi di bawahnya terdapat daun bagian atas (braktea) yang berwarna merah bau tanah, merah jambu dan putih. Daun tumbuhan bab atas yang memiliki warna menarik pada tumbuhan katsuba tersebut sering disangka sebagai bunga.



Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Malpighiales

Famili: Euphorbiaceae

Genus: Euphorbia

Spesies: E. pulcherrima



Karena warna yang cerah, bunga katsuba ini sering dijadikan dekorasi dikala hari natal sehingga flora bunga katsuba ini disebut dengan Christmas Flower. Selain itu, bunga katsuba juga dapat dijadikan flora hias teras rumah dan juga dekorasi sebuah event. Harga bunga katsuba dalam pot yakni sekitar 50 ribu sampai 70 ribu rupiah.


Cara Menanam dan Merawat Bunga Katsuba


Persiapan Bibit Bunga Katsuba


Bunga katsuba akan tumbuh dengan baik jika ditanam pada kawasan yang terkena sinar matahari secara langsung, namun tanaman bunga katsuba ini tetap memerlukan sinar matahari terutama pada pagi hari. Suhu ruang tanam bunga katsuba memiliki rata-rata harian sekitar 21°C. Apabila lebih maka tanaman katsuba akan condong mempunyai kurun hidup pendek.


Tanaman katsuba dapat diperbanyak dengan cara stek batang. Bibit stek tumbuhan katsuba dipilih dari tanaman induk yang sehat, mempunyai kemajuan yang bagus, bebas dari hama penyakit dan bersifat unggul.


Cara Menanam Bunga Kastuba


Pertama, siapkan media tanam berupa gabungan tanah, sekam bakar dan pupuk sangkar dengan perbandingan sekitar 1:3:1. Setelah media tanam siap, selanjutnya masukkan media tanam ke dalam pot atau polybag tanam yang memiliki diameter sekitar 15 cm. Setelah itu, tanam bibit ke dalam pot atau polybag yang sudah diisi dengan media tanam. Jika penanaman sudah tamat, siram dengan cara di gembor lalu letakkan di daerah yang teduh.


Cara Merawat Bunga Katsuba


Lakukan penyiraman secara berkala saban hari dengan konsentrasi 100 cc/pot, namun disesuaikan dengan kelembaban udara yang ada di sekitarnya, cuaca tidak terlalu panas , maka fokus penyiraman tanaman mampu dikurangi.


Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk yang kaya akan kandungan komponen hara N agar flora tumbuh dengan baik, berdaun lebar dan juga hijau. Setelah mulai berbunga, kerjakan pemupukan dengan memakai pupuk yang mengandung bagian fosfor tinggi. Lakukan pula pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK dengan perbandingan 20:20:20 setiap 2 minggu sekali. Jika dibutuhkan anda mampu melakukan pergantian media tanam.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Katsuba Di Rumah Bagi Pemula“, semoga berguna dan jangan lupa ikuti artikel kami berikutnya. Sampai jumpa



0 Response to "Cara Gampang Menanam Dan Merawat Bunga Katsuba Di Rumah Bagi Pemula Supaya Berhasil Dan Berkembang Subur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel